Penulis: budikoral

Lensa pada kamera gambar diam sangat besar peranannnya. Pada peralatan kamera hasil foto 80% dipengaruhi oleh lensa. Maka dalam dunia photography seorang juru foto harus mengetahui jenis-jenis lensa, fungsi dan kegunaannya pada saat memontret. Juga tak kalah pentingnya adalah karakteristik yang dihasilkan dari tiap-tiap lensa tersebut. Berikut adalah beberapa pembagian jenis lensa yang biasa dipakai dalam dunia photography :

1. Lensa Normal

Panjang focalnya 50 mm, lensa normal atau lensa standar ini menghasilkan pandangan yang sama dengan pandangan manusia normal, makannya disebut lensa normal. Sudut pandangan sekitar 45 derajat. Jadi apa yang kita lihat dengan mata akan sama dengan apa yang kita lihat melalui lensa.

Lensa normal 50 mm


2. Lensa Lebar

Panjang focalnya antara 17 hingga 35 mm. Sudut pandangan yang terbentuk lebih lensa wide ini dari 75 derajat. Biasa dipakai untuk memotret panorama, dokumentasi dan dunia jurnalistik. Ada lagi lensa jenis ini yang sering disebut fish eye lens atau lensa mata ikan. Sudut pandangan yang terbentuk hingga 150 derajat , bahkan beberapa merek tertentu ada yang membuat dengan sudut pandangan hingga 180 derajat. Bisa dibayangkan foto yang dihasilkan sangat distorsi. Memang aneh, tapi sangat menarik juga untuk dilihat.

Lensa super fisheye 6 mm sudut 220 derajat


3. Lensa Jauh

Sesuai dengan namanya lensa jauh atau lensa tele ini berfungsi untuk mengambil objek yang jauh, jadi kesannya objek menjadi dekat dengan kita. Biasanya panjang focalnya 70 mm hingga 300 mm, bahkan untuk yang super tele ada yang mencapai 2000 mm, bahkan lebih. Sudut yang terbentuk hingga 4 derajat. Mempunyai depth of field atau ruang tajam yang sempit. Sehingga daerah dibelakang objek akan sangat kabur atau blur.

Lensa tele 1000 mm

4. Lensa Zoom

Lensa ini adalah gabungan atau variasi dari ketiga jenis lensa diatas biasa disebut vario lens. Jadi dalan satu lensa sudah mencakup beberapa ukuran panjang focal. Contohnya lensa zoom 17-35 mm, 28-85 mm, 80-200 mm. Lensa jenis ini yang banyak di pakai oleh para juru foto, karena untuk memotret objek yang berbeda atau komposisi yang berbeda kita tidak perlu berubah posisi, cukup dengan menggeser zoom sesuai keinginan.

Lensa zoom tele 1200-1700 mm

5. Lensa Makro

Ada juga yang menyebutnya lensa mikro. Secara umum memang sama dengan lensa diatas, baik fisik maupun sudut pandangannya. Yang berbeda hanya pada jarak focus terdekatnya. Biasanya kemampuan lensa hanya dalam jarak 50 cm saja, tetapi dengan lensa ini bisa lebih dekat hingga 10 cm. Makanya biasa dipakai untuk memotret benda-benda atau objek yang kecil sehingga menjadi besar / makro.

Lensa makro 85 mm


Dari jenis-jenis lensa diatas masing-masing mempunyai karakteristiknya masing-masing dan juga kegunaanya. Keunggulan dan kelemahannya juga ada. Kita tinggal memilih mana kebutuhan yang pas dengan kegiatan kita memotret. Dan jangan lupa teruslah memotret.